ZAKINAH C. D GUMOHUNG TERPILIH SEBAGAI KETUA FORUM ANAK DESA BOROKO TAHUN 2022 - 2024

  • Mar 20, 2022
  • Fandi Harundja
  • Berita Desa

Boroko- Forum Anak Desa Boroko adalah sebuah organisasi anak yang dibina oleh Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, untuk menjembatani komunikasi dan interaksi antara pemerintah dengan anak-anak di seluruh Indonesia dalam rangka pemenuhan hak partisipasi anak khususnya di Desa Boroko.


Forum Anak merupakan wadah partisipasi untuk mendorong keterlibatan dalam proses pengambilan keputusan tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan anak, sehingga anak dapat menikmati hasil atau mendapatkan manfaat dari keputusan tersebut.

Pada hari ini bertepat di Hari Minggu Tanggal 20 / 03 / 2022 Pemerintah Desa Boroko Mengadakan Pertemuan Pembentukan da  Pengukuhan Forum Anak Desa Boroko Periode 2022 - 2024, sesuai dengan Undangan yang di terima oleh Pemerintah Desa Boroko untuk dapat mengundang 13 anak yang akan di bentuk dalam Forum Anak Desa. Kegiatan tersebut diikuti oleh peserta dari kalangan SLTP dan SLTA yang masih dalam usia anak yakni dibawah 18 tahun. Mereka berasal dari masing – masing perwakilan dusun di Desa Boroko. Dan dengan karakter yang berbeda – beda inilah akan dipilih beberapa nama untuk mengisi kepengurusan di Forum Anak Desa Boroko.


Tujuan mengadakan pembentukan Forum Anak Desa adalah Wadah partisipasi anak di Indonesia sekaligus organisasi penegakan hak anak di Indonesia yang mengacu pada Forum Anak Nasional.

"Semoga dengan terbentuknya forum anak desa ini bisa menjadi sebuah satu kesatuan organisasi yg bisa bekerja sama dengan pemerintah desa" Ujar Sangadi Desa Boroko Dahlan Lasena.


Dalam kegiatan tersebut juga di bentuk Kepengurusan Ketua Forum Anak Desa yang di lakukan dengan sistem voting, terpilihlah Saudari Zakinah Cesio Dwitami Gumohung sebagai Ketua Forum Anak Desa Boroko Tahun 2022 - 2024 dengan perolehan voting 12 suara dari 13 anak yang terundang. (Fandi)